Berburu Rempah-rempah di Paris


Author's photo inventory

Memasak makanan Indonesia di luar negeri memang tidak selalu gampang. Kenangan abang-abang lewat di depan rumah sambil meneriakkan makanan dagangannya lalu kita sambut dengan suka cita di depan pintu rumah di Indonesia untuk memesan dan bahkan menambahkan permintaan spesial seperti “tambahkan bawang gorengnya“, atau “cabainya banyakin ya“, terlalu indah.

Lalu ketika diam di tempat tinggal perantauan, kita hanya bisa mencelos tiap kali mendapati kiriman foto makanan indonesia di beranda media-media sosial. Kalau sudah seperti itu, dengan tekad bulat (baca : keterpaksaan), niat untuk memasak makanan sendiri muncul. Namun ternyata susah juga untuk membulatkan tekad walau sudah ada niat karena keraguan dan pertanyaan-pertanyaan muncul : berarti harus lihat resep di internet atau buku resep ya, tapi beli bahan masakan dimana ya ? , nah kalau pun sudah sampai di toko nanti kalau mau tanya bahan saya kan tak tahu arti nya dalam bahasa sini... 

Seperti yang sudah bisa diduga, skenario di atas memang benar curahan hati saya sendiri. Berhubung saya tinggal di Prancis, di kawasan île de France, saya hanya bisa menginformasikan toko asia bernama Tang Frère yang mempunyai dua toko di distrik atau arrondissement 13 Paris, juga toko Paris Store yang lokasinya bersebelahan dengan Tang Frère di jalan Avenue d'Ivry. Toko Tang Frère juga  ada di jalan bernama labrouste arrondissement 15, tetapi yang ini kecil dan terkadang saya tidak bisa menemukan apa yang saya ingin cari. Jadi kalau ingin mencari bahan-bahan masak yang tak terlalu spesifik, jika lebih dekat dengan tempat tinggal silahkan berkunjung ke Tang Frère arrondissement 15, tetapi kalau ingin yang lengkap, silahkan pergi ke Tang Frère atau Paris Store di arrondissement 13.
Toko Tang Frère, arrondissement 13, Paris
Sebenarnya di supermarket non asia  juga bisa ditemukan beberapa rempah-rempah seperti bawang-bawangan, jahe, wijen. Tetapi kalau ingin berburu di satu tempat yang semua bisa ditemukan, memang pilihan yang tepat adalah toko asia.

Dan mengenai bumbu-bumbu masak, saya ingin membagi catatan saya yang berisi terjemahan rempah-rempah dari bahasa Indonesia ke Prancis berikut ini :

Asam jawa         : Tamarind
Bawang merah   : Echalotte
Bawang putih     : Ail
Bawang bombay : Oignon
Bunga lawang     : Anis étoilé
Cuka                  : Vinaigre
Daun bawang     : Oignon de printemps
Daun kunyit       : Feuille de curcuma
Daun jeruk         : Feuilles de citron
Daun salam        : Laurier
Cengkeh             : Clous de girofle
Gula merah         : Sucre de palme
Jahe                   : Gingembre
Jintan putih        : Cumin
Jeruk nipis          : Citron
Kemiri                 : Noix de bancoulier
Ketumbar            : Coriandre
Kunyit                 : Curcuma
Kemangi              : Basilic doux
Lengkuas             : Galangal
Pala                    : Noix de muscade
Merica / Lada putih : Poivre blanc
Sereh                      : Citronelle
Seledri                    : Céleri
Wijen                      : Sésame

Ini baru sedikit tanaman rempah yang biasa kita pergunakan di dapur rasa Indonesia. Dan untuk diketahui, memadankan bahan makanan atau rempah-rempah indonesia ke bahasa Prancis ternyata bukan perkara mudah karena apa yang kita kenal di Indonesia terkadang tidak sama rasa atau tekstur yang didapatkan di Prancis. Karena ada beberapa rempah-rempah yang diproduksi oleh Prancis sendiri dan mempunyai karakter yang tidak identik dengan yang ada di Indonesia.

Semoga bermanfaat ! Mungkin ada ide rempah-rempah atau bahan makanan lain yang ingin dicari padanannya ke bahasa Prancis ?



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Fatamorgana

Buku Kreatif